Monday, July 29, 2013

Value buat konsumen

Diskusi dengan para entrepreneur semakin memperkuat pemahaman saya tentang perlunya kita fokus pada value bagi konsumen. Hal inilah yang bisa menjadi keuntungan bersaing perusahaan kita dibandingkan dengan bisnis orang lain. Kenapa demikian?

Pelajaran dari perusahaan yang bisa memenangkan persaingan tersebut jelas sekali mengungguli value yang diberikan oleh perusahaan lain. Lalu, apa sebenarnya value tersebut.

Pertama, harus paham dan menghayati apa itu value. Value adalam benefit dibandingkan dengan cost.

Kedua, konsumen selalu mengutamakan bagaimana value yang optimal yang bisa mereka dapatkan. Caranya, bagaimana benefit yang semaksimal mungkin, dengan cost seminimal mungkin.

Ketiga, benefit tersebut terdiri dari produk, people, service, image. Keempat, cost terdiri dari monetary cost, time cost, energy cost dan psikology cost.

Kelima, variabel-variable benefit dan cost berbeda untuk setiap konsumen. Bagi konsumen menengah bawah, mereka mengutamakan functional benefit, sementara menengah atas, emotional benefit.

Keenam, perhatikan value yang diberikan oleh pesaing kepada konsumen karena itu jadi rujukan juga buat kita. Harusnya lebih baik dari pesaing. Ketujuh, lakukan segmentasi dan targeting serta positioning yang tepat biar nilainya minimal sama kalau tidak melebihi harapan konsumen agar mereka puas.

Sekarang, mari kita perhatikan lagi value bagi konsumen kita. Selamat beraktivitas ya.sukses buat kita hari ini, Bismillahirrahmanirrahim
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment