Tuesday, December 25, 2012

Personal Branding dimulai dari mana???

Dalam konteks pemasaran diri atau self marketing pasti mengenal yang namanya personal branding yang selalu dijalankan oleh orang tersebut. Kenapa harus personal branding? apa yang harus dilakukan dalam konteks personal branding?

Waduh... pertanyaannya sangat berat saat ini karena sama saja, SUSAH-nya... ha-ha... ada-ada saja ni diskusinya. tetapi, bagi saya, sangat penting untuk dipahami dalam rangka kita sebagai entrepreneur dan manajer ataupun business owner yang membutuhkan brand equity atas diri sendiri. 

Personal branding berhubungan dengan bagaimana memerekkan diri sendiri atau personal branding tersebut berhubungan dengan bagaimana memanfaatkan seluruh potensi diri seperti nama, pakaian, rambut, ataupun yang melekat dari diri sendiri dikelola sehingga bisa memberikan image yang positif dibenak orang yang berhubungan dengan kita. 

Pengelolaan diri sendiri sangat penting dan menjadi kata kunci dalam keberhasilan dalam mem-branding-kan diri sendiri setiap saat, setiap hari, setiap minggu, setiap bulan dan setiap tahun. Intinya adalah bagaimana mem-brandingkan diri setiap saat, dimana pun berada.

Lalu, darimana memulai personal branding tersebut? Mulailah dari diri sendiri dengan memperhatikan kualitas diri sendiri dari konteks pribadi, pendidikan, keterampilan dan sikap. Artinya adalah knowledge, skill dan attitude yang dimiliki oleh setiap orang.        

No comments:

Post a Comment