Monday, December 31, 2012

Puaskanlah konsumen mu

Customer satisfaction.... saya yakin hampir setiap orang pernah mendengar kalimat ini yang berhubungan dengan konsep pemasaran. Konsep Customer satisfaction atau yang lebih dikenal dengan kepuasan pelanggan ini sangat erat hubungannya dengan pemasaran. 

Demikain juga dengan self marketing atau pemasaran diri yang juga memiliki hubungan dengan customer satisfaction tersebut. Kepuasan pelanggan dalam pemasaran diri sangat relevan ketika menilai bagaimana hasil dari pemasaran diri yang sudah dijalankan oleh setiap individu. 

Hari ini saya mendapatkan pelajaran berharga ketika ada satu klien saya yang tidak mau berpindah keorang lain dalam mendapatkan jasa training yang berhubungan dengan manajemen. Konsep pelatihan sangat sederhana dan saya yakin bahwa setiap orang bisa memberikan pelatihan tersebut. 

Akan tetapi, percayakan anda? beliau tidak mau saya referensikan pelatihan tersebut keteman saya yang saya yakin bisa memberikannya dengan baik. 

Beliau tidak mau dan tetap meminta saya. Dalam kaca mata pemasaran, saya melihat beliau puas dengan kinerja saya selama ini dalam "memuaskan" beliau dalam bentuk pelatihan..   

No comments:

Post a Comment